Banner 468x 60

Kamis, 12 April 2012

Soal Harga e-book, Apple 'Diburu' Departemen Kehakiman AS

CALIFORNIA, TECHNOZERO - Selain masalah sengekta paten dengan sejumlah vendor, tampaknya Apple harus menambah deretan tuntutan hukum yang harus dihadapinya. Kali ini giliran Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) yang menggugat Apple terkait harga e-book.

Dilansir dari Telegraph, Kamis (12/4/2012), Departemen Kehakiman AS menuduh Apple dan lima penerbit lainnya, termasuk HarperCollins, Macmillan, Penguin, Simon & Schuter dan Hachette telah bersengkokol untuk menetapkan harga e-book. Jaksa Agung AS, Eric Holder mengatakan bahwa para ekskutif level atas Apple dan penerbit bekerjasama untuk menghilangkan persaingan antara penjual e-book.

"Sebagai hasil dari konspirasi, kami percaya bahwa konsumen membayar jutaan dollar lebih mahal untuk beberapa judul e-book yang paling populer," kata Holder.

Alhasil gugatan pun diajukan terhadap Apple serta HarperCollins, Simon & Schuster, Hachetter Book Group, Penguin Group dan MacMillan. Holder mengatakan, tiga dari penerbit yaitu HarperColling, Simon & Schuter dan Hachetter Book Group sudah mencpaai kesepakatan dengan pihak pemerintah.

Namun, Apple, Penguin dan MacMillan, menurut Holder tampak siap untuk melawan gugatan tersebut. Menanggapi sikap tersebut, Departemen Kehakiman mengatakan dengan penuh semangat akan terus mengupayakan gugatan terhadap Apple dan penerbit lainnya.

Menurut pengaduan Departemen Kehakiman, Apple berhasil membujuk penerbit untuk mengadopsi agensi yang mengizinkan penerbit menetapkan harga e-book. Pada akhirnya, Apple akan mengambil potongan sebesar 30 persen. Perjanjian Apple dengan penerbit itu secara efektif menghalangi peritel saingan untuk menjual buku yang sama dengan harga lebih murah.

source:okezone

Bookmark and Share

0 comments:

Posting Komentar

positive comments and if you liked my post, please given a rating. thank you

technozero

 

jumlah tayangan

About Me

sponsored by

TECHNOZERO | Template Ireng Manis © 2010 Free Blogger Template Ajah for DheTemplate.com - New Free Blogger Template Everyday