Banner 468x 60

Selasa, 24 April 2012

Ponsel Buatan Mozilla Siap Dipasarkan Akhir Tahun Ini

TECHNOZERO — Perusahaan web browser Mozilla akan membuat ponsel dengan sistem operasi (operating system/OS) besutannya sendiri. Ponsel ini digadang-gadang akan menjadi pesaing ponsel Android besutan Google.

Menurut BBC yang mengutip dari blog teknologi di Brasil, Ztop, ponsel perdana bagi Mozilla tersebut akan berjalan melalui software Boot to Gecko (B2G).

Ponsel yang menggunakan software tersebut pertama kali akan tersedia di Brasil dan akan dipasarkan oleh operator Brasil, Telefonica Vivo.

Sumber tersebut mengabarkan, hingga saat ini belum ada data rinci mengenai harga ponsel sekaligus vendor yang akan membuat ponsel tersebut. Namun, ponsel ini disebut baru akan dijual pada akhir 2012 atau awal 2013.

Software B2G atau yang lebih akrab disebut Gecko sebenarnya sudah dirilis pada Juli 2011. Software ini sekaligus akan menjadi OS pesaing Android milik Google.

Nama "Gecko" diambil karena merupakan bagian dari Firefox yang menggambarkan kemudahan menampilkan gambar di halaman web browser.

OS tersebut dikembangkan dalam sistem operasi terbuka, mirip dengan Android. Gecko akan memiliki standar tersendiri di ponsel.

CEO Mozilla Gary Kovacs saat konferensi pers di Sao Paulo menjelaskan, "keterbukaan" OS ini akan memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mengoperasikan ponselnya maupun mengatur aplikasi di dalamnya.

B2G dibuat agar aplikasi yang ada di dalamnya bisa seperti halaman web dan dapat digunakan untuk berbagi data dan link. Standar halaman web ini juga disesuaikan dengan standar web terbarunya, HTML5.


source:kompas

Bookmark and Share

0 comments:

Posting Komentar

positive comments and if you liked my post, please given a rating. thank you

technozero

 

jumlah tayangan

About Me

sponsored by

TECHNOZERO | Template Ireng Manis © 2010 Free Blogger Template Ajah for DheTemplate.com - New Free Blogger Template Everyday